Multimedia

Apa itu Multimedia ?

Pengertian Media ?

Fungsi Media ?

Peranan Media Pembelajaran ?

DEFINISI MULTIMEDIA

Multimedia berasal daripada kata ‘multi’ dan ‘media’. Multi bererti banyak, dan media bererti tempat, sarana atau alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Jadi berdasarkan kata ‘multimedia’ dapat dirumuskan sedagai wadah atau penyatuan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. Elemen-elemen tersebut seperti teks, gambar, suara, animasi, dan video. Multimedia merupakan suatu konsep dan teknologi baru bidang teknologi informasi, di mana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam computer untuk di simpan, diproses dan disajikan baik secara liner mahupun interaktif.

Oleh itu, dengan menggabungkan seluruh elemen multimedia tersebut menjadikan informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima oleh indera penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati bentuk aslinya dalam dunia sebenarnya. Multimedia enteraktif adalah apabila suatu aplikasi terdapat seluruh elemen multimedia yang ada dan pemakai (user) diberi keputusan atau kemampuan untuk mengawal dan menghidupkan elemen-elemen tersebut.

Referensi

http://betterteachers.weebly.com/definisi-multimedia.html

PENGERTIAN MEDIA

Media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Kata media berasal dari kata latin, merupakan bentuk jamak dari kata “medium”. Secara harfiah kata tersebut mempunyai arti “perantara” atau “pengantar”, yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver). Jadi, dalam pengertian yang lain, media adalah alat atau sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak .

Menurut para ahli :

  • Menurut Syaiful Bahri Djamarah: Media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan.
  • Menurut Schram: Media adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
  • Menurut National Education Asociation (NEA): Media adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual, termasuk teknologi perangkat kerasnya.
  • Menurut Briggs: Media adalah alat untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar.
  • Asociation of Education Comunication Technology (AECT): Media adalah segala bentuk dan saluran yang dipergunakan untuk proses penyaluran pesan.
  • Menurut Gagne: Media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.
  • Menurut Miarso: Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar.

Referensi:

FUNGSI MEDIA

Fungsi Media Pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran

Sebagai seorang pengajar tentunya kita sudah mengetahui bahwasannya setiap meteri yang dibawakan memiliki kompleksitas dan kesukaran yang beraneka ragam.

Beberapa materi mungkin akan dapat diterima oleh peserta didik dengan mudah hanya menggunakan penjelasan verbal. Akan tetapi, pada saat kita menjelaskan materi yang terlalu kompleks dan rumit, terkadang penjelasan verbal tidak cukup membuat peserta didik menjadi paham. Ada kalanya kita menggunakan media pembelajaran pada saat-saat dimana penjelasan verbal tidak lagi dapat diterima. Media pembelajaran yang dimaksud diantarnya adalah gambar animasi, slide power poin, video, dan lain sebagainya.

Sebagai alat bantu, media pembelajaran berfungsi untuk mempermudah dan mengoptimalkan pencapaian tujuan belajar yang diharapkan di awal.

Fungsi Media Pembelajaran sebagai sumber belajar. 

Bila merujuk pada sumber belajar, seharusnya semua dan apapun yang kita butuhkan pada saat belajar sudah tersedia pada perangkat atau media pembelajaran tersebut. Tidak lagi membutuhkan yang lainnya sebagai sumber belajar.

Sehingga sebuah media pembelajaran dikatakan atau dapat dijadikan sebagai sumber belajar apabila di dalamnya berisi materi lengkap yang dibutuhkan pada saat proses atau kegiatan pembelajaran.

Sumber belajar itu sendiri dapat dikelompokkan menjadi lima kategori.

  1. Manusia
  2. Buku perpustakaan
  3. Media massa
  4. Alam lingkungan
  5. Media pendidikan

Referensi :

wawasan-edukasi.web.id

PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN

Dalam pendidikan media difungsikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Karena informasi yang terdapat dalam media harus dapat melibatkan siswa, baik dalam benak atau mental maupun dalam bentuk aktivitas yang nyata, sehingga pembelajaran dapat terjadi. Materi harus dirancang secara lebih sistematis dan psikologis.

Kemp dan Dayton(1985 : 3-4) mengemukakan beberapa hasil penelitian yang menunjukkan dampak positif dari penggunaan media sebagai bagian integral pembelajaran di kelas, atau sebagai cara utama pembelajaran langsung, sebagai berikut : Penyampaian pelajaran tidak kaku. Pembelajaran bias lebih menarik.

Dan ini adalah Peranan Media Pembelajaran

  1. Memperjelas penyajian materi agar tidak hanya bersifat verbal (dalam bentuk kata-kata tertulis atau tulisan)
  2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, karena menurut para ahli kemampuan daya serap manusia dalam memahami masalah dengan panca indera yaitu :   1) Telinga (pendengaran)       13 %, 2) Mata (penglihatan) 75 %, 3) Hidung (penciuman)  3  %, 4) Kulit 6  %, 5) Lidah (rasa)  3  %
  3. Penggunaan media secara tepat dan bervariasi dapat  mengatasi sifat pasif  anak didik
  4. Menghindari kesalahpahaman terhadap suatu objek dan konsep
  5. Menghubungkan yang nyata dengan yang tidak nyata.

Referensi :

https://www.asikbelajar.com/peran-media-pembelajaran/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s